Kamis, 21 Januari 2016

Perangkat Lunak yang Digunakan Untuk Internet

PERANGKAT LUNAK (SOFTWARE) UNTUK AKSES INTERNET


1. Sistem Operasi
Sistem operasi merupakan bagian yang paling penting sebelum melakukan koneksi internet, karena tanpa OS komputer tidak ada artinya sama sekali. Diantara Sistem Operasi (OS) yang dapat digunakan untuk akses internet adalah :
  • Windows 95, win 98, win XP, Win Vista dan Win 7, Mac OS (ini adalah software yang berbayar)
  • Ubuntu Linux, OpenSuSE, Mandriva, IGOS (ini merupakan software gratis atau Open Source yang dapat di download secara gratis)
      2. Web Browser
    Software yang berfungsi untuk menampilkan dan berinteraksi dengan dokumen-dokumen yang disediakan oleh server web.
Web adalah kumpulan jaringan berisi dokumen teks dan multi media yang tersambung satu dengan yg lainya atau yang dikenal dengan World Wide Web(WWW)
Software Web Browser :
  • Internet Explorer, pertama kali dirilis sebagai bagian dari add-on paket Plus! for Windows 95 in 1995. untuk Windows 95 pada tahun 1995 yang dikembangkan oleh Microsof.  Rilis terbaru adalah Internet Explorer 8. menurut “Net Application” yang melakukan survey tentang penggunaan browser menempatkan  Internet Explorer sebagai urutan pertama penggunaan browser yang tercatat per Desember 2009


  • Mozilla Fire Fox, Oleh mozilla corporation, firefox adalah salah satu web browser open source yang dibangun dengan Gecko layout engine. Firefox adalah salah satu Browser yang terpopuler saat ini selain IE. Rilis stabil saat ini adalah versi 3.5.7, yang dirilis pada Januari 05, 2010
  • Opera, browser web dan Internet Suite yang dikembangkan oleh Opera Software Company. Opera punya “Opera Widgets”, sebuah aplikasi  web kecil yang dijalankan bersamaan dengan Opera yang mempunyai kegunaan tertentu. Opera versi terbaru memperkenalkan platform teknologi baru yaitu Opera Unite, memungkinkan untuk melakukan streaming musik atau berbagi file, langsung dari browser. Saat ini rilis terakhir adalah 10.10 untuk windows.
  • Safari, browser web yang dikembangkan oleh Apple.
  • Google Chrome, sebuah browser web yang dikembangkan oleh Google yang menggunakan WebKit layout engine and application framework. Pertama kali dirilis sebagai versi beta untuk Microsoft Windows pada 2 September 2008, dan rilis stabil pada 11 Desember 2008.
3. Search Engine
  • Yahoo Search
  • Google
  • MSN
  • Altavista
  • Bing
4. Software E-mail Client
Berfungsi untuk mengelola e-mail (electronic mail), diantara software e-mail client adalah :
  • Microsoft Out Look Express
  • Microsoft Office Out Look
  • Mozilla Thunderbird
  • Yahoo Mail
  • Google Mail
5. Software Instant Messaging Client
Sarana berkomunikasi langsung atau mengobrol melalui keyboard yang dikenal dengan Chatting. Diantara siftware untuk chatting adalah :
  • Yahoo Messenger
  • mIRC
  • iChat
  • pidgin
6. Software Utility
Perangkat lunak untuk perlindungan komputer serta plug in pada komputer. Software Utility diantaranya: 
  • Anti Virus : AVG, Avira, Mc Afee, Norton Anti Virus,Kaspersky, Bit Defender
  • Anti malware : Comodo internet security, Nis, Norman, Bit defender Internet security. Software  Office : M office 2003/2007
sumber : http://titisimilikitie.blogspot.co.id/2012/08/perangkat-lunak-software-untuk-akses.html
 

Mengenal dan menggunakan mozila firefox

Mengenal dan menggunakan mozila firefox

MENGENAL & MENGGUNAKAN MOZILA







  
Mozila Firefox merupakan salah satu software browser yang paling populer. Mozila memiliki nama asli resmi yaitu, Mozilla Application Suite buatan Mozilla Foundation.

Sebelumnya, nama Mozila dipakai sebagai:
  • nama sandi (codename) untuk proyek peranti lunak Netscape Navigator buatan Netscape Communications Corporation (yang sudah bubar)
  • kependekan nama produk Mozilla Application Suite
  • maskot Netscape.
Sekarang nama Mozilla dipakai dengan kombinasi nama-nama produk Mozilla Foundation.
Mozilla telah dipakai secara internal di Netscape Communication Corp. sebagai nama sandi peranti lunak Netscape Navigator web browser sejak awal proyeknya. Jamie Zawinski mengusulkan nama ini ketika rapat perusahaan. Nama tersebut mengacu pada nama monster dongeng: Godzila
  
Maskot Netscape
Mozilla Mascot.svgMozilla adalah maskot Netscape Communications Corporation (yang sudah bubar) yang pada awalnya bernama Mosaic Communications Corporation. Sebelumnya, maskot perusahaan ini berganti-ganti, termasuk astronaut atau "spaceman", tapi akhirnya pilihan dijatuhkan pada seekor kadal mirip Godzilla agar sesuai dengan namanya yang mirip Godzilla. Didesain oleh Dave Titus tahun 1994.
Mozilla ditampilkan di website Netscape pada tahun-tahun awal perusahaan tersebut. Namun, berhubung perusahaan ingin menampilkan citra yang lebih "professional" (terutama ke para klien perusahaan) maka maskot tersebut disingkirkan. Mozilla masih tetap dipakai di kalangan internal Netscape, misalnya di T-shirt yang dibagikan kepada para staff atau dalam gambar-gambar/poster pada dinding kampus Netscape diMountain View.Mozilla boxing.gifKeika Netscape mengakuisisi perusahaan direktori website bernama NewHoo tahun 1998, mereka menjuluki perusahaan pembuat [Open Directory Project]] tersebut dengan "dmoz" (Directory of Mozilla), karena banyak kesamaan dengan proyek Mozilla. Gambar-gambar Mozilla dipakai di halaman website mereka, sampai sekarang, walau Netscape telah dijual kepadaAOL.




Kelebihan dan juga kekurangan dari Mozilla Firefox.

Kelebihan :
  • Merupakan browser yang perkembangannya paling pesat serta paling populer digunakan.
  • Mempunyai sistem sekuriti yang handal dibanding browser lain.
  • Mempunyai Add-ons yang sangat berguna bagi keperluan masing-masing pengguna.
  • Mempunyai konfigurasi yang sangat banyak.
  • Telah terintegrasinya penghentian pop-up secara otomatis dan juga bisa mematahkan pembatasan aksi bagi pengguna browser Mozilla Firefox. Contohnya seperti menyembunyikan status bar maupun penguncian browser.
  • Tampilan halamannya lebih luas dengan area tool bar yang lebih ringkas.
Kekurangan :
  • Waktu menjalankan program atau start-up time yang sangat lama untuk pertama kali. Hal ini menjadi ketidaknyamanan bagi pengguna.
  • Browser ini tidak bisa berfungsi secara optimal jika tidak di instal beberapa add-ons. Bahkan para crackers pun mulai membidik aplikasi ini, sebab penggunanya yang sangat banyak.
  • Terdapat program update yang berarti melakukan download terhadap versi terbaru dari firefox.
  • Terdapat banyak add-ons yang menjadi tidak berfungsi ketika Mozilla firefoxdi update. Namun hal ini hanya terjadi untuk perubahan besar saja, misalnya dari versi 10 ke versi 15.
  • Waktu yang diperlukan untuk memproses situs tertentu lebih lama. Mungkin ini dikarenakan kompatibilas.
  • Belum terintegrasinya dengan Outlook dan juga Outlook Express

Cara menggunakan Mozila Firefox


1. Hidupkan komputer hingga tampil area kerja atau desktop Windows;
2. Pastikan komputer terhubung dengan internet . Klik
tombol Start yang ada di taskbar, kemudian pilih menu Program;
3. Klik Mozila Firefox atau klik langsung icon Mozila Firefox yang
ada di desktop.
4. Selanjutnya akan tampil Jendela Kerja Mozila Firefox.

Setelah selesai bekerja dengan Mozila Firefox, maka langkah
yang dapat ditempuh untuk mengakhirinya adalah kamu dapat memilih
salah satu langkah-langkah berikut.

1. Klik tombol Close (X) yang terletak di sudut kanan atas jendela.
2. Pilih dan klik menu File, Close.
3. Klik Icon Control Menu yang berada di sudut kiri atas jendela kerja
Mozila Firefox, lalu klik Close, atau tekan tombol Alt + F4.  
SUMBER : http://radenarjuna123.blogspot.co.id/2016/01/mengenal-mengunakan-mozila-firefox.html

Mengenal dan Menggunakan Internet Explorer

Mengenal dan Bekerja Dengan Internet Explorer 

 

 Mengenal Internet Explorer

Pengertian Internet Explorer Lengkap Beserta Fungsinya - Internet explorer adalah sebuah Web Browser Default nya windows yang di buat oleh Microsoft Corporation. Artinya jika kamu memakai sistem operasi (OS) Windows, maka kamu tidak perlu menginstallkan Internet Explorer lagi, karena sudah ada saat kamu menginstallkan windows di komputermu.

 

Kelebihan Internet Explorer :
  1. Pada IE versi 8, grafis lebih terlihat elegan dan menarik
  2. Adanya tab bookmark yang telah terhubung dengan Windows Live tentunya akan memberikan kenyamanan tersendiri.
  3. Untuk kinerja semakin cepat, dapat di kolaborasi dengan Google Chrome Frame
  4. Tidak perlu install tentunya, karena sudah merupakan browser bawaan Sistem Operasi Windows.
  5. Internet Explorer merupakan browser paling stabil dalam hal kinerja, jarang sekali di jumpai browser mengalami Not Responding, debug, atau problem yang lainnya
  6. Didukung penuh oleh Microsoft, sehingga secara rutin menyediakan patch keamanan yang terbaru untuk pemutakhiran penjelajah web-nya.

Kelemahan Internet Explorer :
  1. Kecepatan yang kurang, baik untuk browsing, surfing, download, maupun upload.
  2. Tidak memiliki fasilitas tab. Namun, untuk IE versi 8 fasilitas tab mulai tersedia.
  3. Sedikit sekali plug-in atau add-on yang dapat ditambahkan sesuai dengan kebutuhan kita.
  4. Kurang mampunya membaca script dibeberapa halaman situs (khususnya CSS). Sehingga seringkali suatu web atau situs tidak terbaca dengan sempurna.
  5. Banyaknya menu dan command bar yang kurang praktis dan membuat bingung bagi orang umum namun hal tersebut dapat dimodifikasi sesuai keperluan.
  6. Internet Explorer merupakan browser paling lemah dalam hal keamanan. Sangat cocok untuk user yang berselancar di dunia maya hanya untuk browsing saja.

Menu - menu Pada Internet Explorer
  • Title Bar     : Berisi judul dari website yang kita buka
  • Menu Bar    : Sederetan menu yang jika diklik akan memunculkan sub menu dibawahnya. Menu bar terdiri dari File, Edit, View, Favorites, Tools, dan help
  • Standard Toolbar : Berisi icon-icon standar pengoperasian internet
  • Address Bar : merupakan bagian tempat mengetikkan alat web yang akan dikunjungi
  • Link : penghubung ke alamat website tanpa mengetikkan alamatnya di address bar. Dapat ditambah dan dikurangi
  • Workspace : Tempat ditampilkannya halaman web yang diminta
  • Status Bar : menunjukkan proses loading halaman web

Sejarah Internet Explorer
Proyek Internet Explorer dimulai sejak musim panas tahun 1994 oleh Thomas Reardon menggunakan kode sumber dari Spyglass, Inc. Mosaic, sebuah peramban web komersil baru. Di akhir 1994, Microsoft melisensikan Spyglass Mosaic.
Windows Internet Explorer yang sebelumnya dikenal sebagai Microsoft Internet Explorer, disingkat IE atau MSIE adalah sebuah peramban web dan perangkat lunak tak bebas yang gratis dari Microsoft, dan disertakan dalam setiap rilis sistem operasi Microsoft Windows sejak 1995. Pada mulanya, Internet Explorer dirilis sebagai bagian dari paket Plus for Windows 95 (Inggris) pada saat itu.
Internet Explorer digunakan secara luas sejak tahun 1999, meliputi 95% dari keseluruhan penggunaan peramban web selama tahun 2002 hingga tahun 2003 dengan Internet Explorer 5 dan Internet Explorer 6. Lama kelamaan, ia kehilangan pangsa pasar sejak terlibat dengan kompetisi peramban web, dan kini meliputi 55,92%. Microsoft telah menghabiskan dana hingga 100 juta dolar per tahun untuk mengembangkan Internet Explorer di tahun 1990an, dengan 1.000 orang yang bekerja di dalamnya.
Sejak rilis pertamanya, Microsoft telah menambahkan fitur dan teknologi seperti penampilan tabel dasar (di versi 1.5), XML Http Request (inggris) (di versi 5) yang membantu pembuatan halaman web, dan Nama Domain yang Terinternasionalisasi (di versi 7) yang memungkinkan situs web yang menggunakan alamat berkarakter non-Latin (seperti karakter Kanji) diketikkan secara normal pada address bar Internet Explorer.

Cara Menggunakan Internet Explorer

1. klik double (klik 2 kali ) pada lambang internet explorer
2. Bila anda mendapatkan sofware dari Indonet, maka di layar pertama yang muncul adalah home page Indonet.
3. Bila anda menggerakan tanda panah di homepage, dan tanda panah berubah menjadi gambar tangan maka hal ini berarti anda dapat memperoleh informasi yang lebih terperinci dengan mengklik judul/gambar tersebut.
4. Bila anda sudah mempunyai alamat tujuan, ketikan alamat tujuan di kotak alamat/address yang terletak di bagian atas layar. Contoh : http://www.kompas.com
· Cara mencari data
  1. Pilih menu Search lalu ketik topik yang di cari pada tempat yang tersedia lalu klik Search atau tekan Enter. Setelah itu akan tampil daftar alamat dan ringkasan/ abstrak yang berhubungan dengan topik tersebut.
  2. Untuk membukanya, klik alamat yang dipilih.
· Cara menyimpan alamat penting
  1. Anda dapat menyimpan alamat yang menarik untuk dikunjungi di lain waktu dengan cara : klik Favorites à Add to Favorites. Pilih folder yang inginkan dan edit namanya sesuai keinginan.
  2. Untuk menghapus dari list alamat di Favorites, pilih Favorites à Organize Favorites à klik satu kali di alamat/folder yang akan dihapus, dan klik Delete.
· Cara Menyimpan Informasi ke Disket/Hardisk
Pilih File à Save as File à pilih disk drive atau directory di mana file akan disimpan àketik nama filenya à klik OK.

 

Sumber : http://pangeranarti.blogspot.co.id/2014/12/pengertian-internet-explorer-lengkap.html               https://vikeyzo.wordpress.com/cara-menggunakan-internet-explorer/

Mengenal dan Menggunakan Google Chrome

Google Chrome
 SEJARAH SINGKAT GOOGLE CHROME

Google mengeluarkan browser terbaru yang diberi nama Google Chrome. Google Chrome adalah browser yang dibuat dengan desain praktis agar Anda dapat mengakses Web dengan lebih cepat, mudah, dan aman.
Para ahli yang ada di Google sering meluangkan waktu mereka untuk berdiskusi, e-mail dan saling berhubungan dengan para teman – teman. Karena mereka sering menggunakan internet, mereka mulai serius berpikir untuk membuat sebuah browser dan membangun semua unsur – unsur terbaik di sana. Kita menyadari bahwa web telah meningkat dari halaman teks sederhana ke aplikasi yang interaktif. Apa yang benar – benar kita perlukan bukan hanya suatu browser, tetapi juga suatu platform modern untuk halaman web dan aplikasi, dan sejak itulah Google mulai membangun browser itu.
KEUNGGULAN GOOGLE CHROME
Sudah tentu Google Chrome mempunyai perbedaan dengan browser lainnya. Dan perbedaan – perbedaan itu adalah :
 
1. Ringan
Pertama kali dibuka, chrome nyaris tidak terasa bebannya di resource CPU. Disini saya pakai Dual-Core 3,0Ghz; DDR2 1024Mb; VGA OnBoard. Kalau saya bilang, browser ini adalah browser yang paling ringan yang pernah saya pakai. Sudah coba buka tab sampai 20an, masih oke
 
2. Space Lega
Ini yang paling terasa beda. Menu Bar dan Bookmark Bar lenyap (juga statusbar yang auto hide), ada ruang ekstra untuk melihat page yang sedang kita buka. Jadi lebih terasa nyamannya browsing dengan Chrome
 
3. Intuitif
Pertama kali dibuka, Chrome akan mengkonfirmasi apakah kita mau mengimport data-data dari browser lain seperti Firefox, IE, dll. Address Bar dibuat mirip dengan Firefox 3, punya Caption dan URL search, jadi cukup mengetikan URL atau Title dari sebuah page, kita akan diberi list URL yang relevan, hanya saja awal – awal proses penampilannya terasa lebih lambat dibanding Firefox 3, tapi setelah dibiarkan beberapa menit, sudah sama cepatnya dengan Firefox 3. Di Chrome, Address Bar juga berfungsi sebagai Search Box, dalam artian jika kita mengetik sebuah keyword (bukan URL), maka akan langsung berpindah ke halaman search (defaultnya adalah Google Search). Juga, setiap page yang kita buka akan masuk ke halaman Most Viewed (halaman yang muncul saat membuka tab baru). Cukup intuitif.
 
4. Pencarian Teks (Updated)
Pencarian teks di Chrome cukup nyaman, saat kita mengetikan keyword, maka Chrome langsung mencari semua teks yang relevan, dan menandainya dengan warna kuning transparan. Di beberapa bagian scrollbar Chrome juga akan ditandai dengan warna kuning yang berarti teks yang relevan ada di posisi scrollbar tersebut. Find Prev / Next keyword juga mudah karena ada tombol Up / Down disebelah kolom keyword. Kita tetap bisa menggunakan shortcut F3 untuk find prev / next.
 
 5. Satu Kotak Untuk Semua
Di Google Chrome, Anda dapat membuka apapun di web dengan satu kotak. Panel alamat, yang terdapat di bagian atas jendela Chrome biasa, meringkas kerepotan ber-Internet karena berfungsi ganda sebagai kotak penelusuran. Anda juga dapat menggunakan panel alamat untuk menandai situs Web dan mengetahui keamanan situs Web.
 
6. Halaman Tab Baru
Bila Anda membuka tab baru, Google Chrome telah mengisinya dengan informasi bermanfaat. Dengan sekali klik, Anda dapat membuka sumber informasi Web yang paling sering digunakan. Untuk membuka halaman Tab Baru, klik ikon + di sebelah tab terakhir.
 
7. Kontrol Kerusakan
Setiap tab yang digunakan dijalankan secara terpisah di browser, sehingga jika salah satu aplikasi rusak, maka aplikasi lainnya tidak akan terpengaruh
 
8. Mode Penyamaran
Bila ingin menjelajah dalam mode ’siluman’, misalnya untuk merencanakan kejutan seperti hadiah maupun ulang tahun, Google Chrome menawarkan mode jelajah penyamaran. Halaman Web yang dibuka dan file yang di-download sewaktu Anda menggunakan penyamaran tidak akan disimpan dalam riwayat penelusuran dan download. Semua cookie baru terhapus setelah jendela penyamaran ditutup. Anda dapat menjelajah seperti biasa dan dalam mode penyamaran pada saat yang sama menggunakan jendela terpisah.
 
9. Penelusuran Aman
Google Chrome akan menampilkan peringatan jika alamat Web yang tercantum pada sertifikat tidak sesuai dengan alamat situs Web yang akan diakses oleh Chrome.
Fitur-fitur Chrome:
  • Chrome akan mengikutkan JavaScript Virtual Machine V8. Dibuat dari awal oleh sebuah tim di Denmark, Google juga merilis proyek ini dengan lisensi open source agar dapat dipakai browser lain. Salah satu tujuan V8 adalah untuk mempercepat kinerja JavaScript yang semakin penting.
  • Google Chrome akan memiliki tab-tab khusus yang ditempatkan di bagian atas jendela browser dan bukan di bawah address bar seperti biasanya (kalau dipikir-pikir bukankah ini akan mempersulit navigasi karena untuk berpindah tab pengguna harus menggerakkan tetikus lebih jauh?) Google juga mengatakan bahwa semua kegiatan dalam tab dilakukan dalam lingkungan sandbox sehingga crash di satu tab tidak akan mempengaruhi tab lain.
  • Address bar bernama ‘Omnibox’ memiliki fitur auto complete. Google mengatakan bahwa address bar ini menawarkan search suggestion, situs-situs yang sering Anda kunjungi, situs-situs yang belum Anda kunjungi tetapi populer dan lain-lain.
  • Halaman pertama Chrome menampilkan fitur yang mirip seperti fitur “speed dial” Opera. Di halaman tersebut Anda akan melihat 9 situs yang paling sering Anda kunjungi dalam thumbnail. Di bagian samping Anda juga akan melihat beberapa pencarian terakhir, bookmark dan beberapa tab sebelumnya.
  • Chrome memiliki mode privasi; Google mengatakan Anda dapat menciptakan sebuah jendela ‘incognito’ (identitas rahasia) di mana ‘tidak ada kejadian dalam jendela tersebut yang tercatat di komputer Anda” — mirip dengan fitur InPrivate IE8 atau “Private Browsing” Safari.
  • Aplikasi web dapat diluncurkan dalam jendela terpisah yang tidak memiliki
  • toolbar/address bar, mirip seperti Mozilla Prisim.
  • Untuk melindungi pengguna dari malware dan phishing, Chrome secara konsisten mengunduh daftar situs-situs berbahaya. Karena bekerja dalam lingkungan sandbox, malware tidak akan mempengaruhi komputer Anda, kecuali melalui plugin yang diinstal pengguna sendiri. (Apabila tertarik menggunakan mode perlindungan seperti ini, cobalah Sanboxie yang mampu mengoperasikan Firefox dalam sebuah sandbox)
KEKURANGAN GOOGLE CHROME
 
1. Google Chrome adalah masih jauh dari sempurna. Mereka meluncurkan versi beta ini untuk Windows, dan mulai didiskusikan untuk lebih luas lagi.
2. Belum bisa menyesuaikan pada bandwidth nya 
sumber :  https://whieee88.wordpress.com/2008/10/30/cara-kerja-web-browser-google-chrome/

MENGENAL DAN BEKERJA DENGAN BROWSER OPERA

MENGENAL DAN BEKERJA DENGAN BROWSER OPERA


                       

 

A. MENGENAL OPERA 

Sebelum kita membahas mengenai opera lebih lanjut,ada baiknya kita mengetahui sejarah munculnya opera. Sekitar tahun 1992,jon Stephenson von tetzchner dan geir ivarsey merupakan bagian dari sebuah grup riset di Televerket (sebuah perusahaan telpon asal Norwegia yang sekarang bernama Telenor). Grup tersebut mengambil peranan dalam mengembangkan ODA (Open Document Architecture),yaitu sebuah standar sistem penyimpanan dan pengambilan dokumen,gambar dan lainnya.
Grup ini juga mendirikan server internet pertama di Norwegiadan homepage di tahun 1993. Tapi mereka merasa bahwa browser yang mereka gunakan yaitu mosaic mempunyai struktur yang biasa – biasa saja untuk digunakan secara efektif pada saat browsing. Oleh karena itu,grup ini bergerak untuk membuat sebuah web browser yang baru dari awal.
Diinspirasikan oleh proyek ODA tadi,mereka melihat suatu pasar potensial untuk membangun sebuah web browser yang bisa beradaptasi dengan segala macam struktur web. Di akhir tahun 1995,Televerket berubah namanya menjadi Telenor dan di situlah perusahaan opera software dibangun. Produk mereka kemudian diberi nama MultiTorg Opera dan dengan secara cepat digunakan oleh komunitas internet pada saat itu karena fitur Multiple Document Interface dan sidebar-nya yang membuat browsing beberapa halaman secara sekaligus menjadi lebih mudah. 
Opera telah memelopori banyak fitur yang kemudian .ditiru oleh browser lainnya. Contohnya,opera adalah browser pertama yang mengintegrasikan gerakan mouse (mouse gesture) sebagai cara yang mudah untuk navigasi situs. Opera juga memiliki beberapa fitur orisinil,termasuk loading halaman di background,notes,penggantian skin,session management,dan lain-lain. Selanjutnya opera menjdi lebih terkenal dan sedikit “nakal” karena Multiple Document Interface yang bisa dibilang mendobrak tradisi web broser yang ada.
Dewasa ini,pengguna internet diseluruh dunia semakin bertambah dan berkembang secara signifikan setiap tahunnya. Oleh karena itu banyak bermunculan software pendukung surfing di dunia maya. Beberapa software yang popular saat ini seperti Opera 9.6,Mozilla Firefox,Internet Explorer,dan Google Chrome. Dan pada pembahasan kali ini,saya akan membahas tentang Opera 9.6.Opera adalah salah satu produk browser dari Opera Software yang bermarkas di Oslo,Norwegia. Opera 9.6 merupakan penyempurnaan dari produk opera sebelumnya yaitu Opera 9.5 dan seterusnya. 
Opera 9.6 adalah penjelajah web dan paket perangkat antarplatform yang terdiri dari kumpulan perangkat lunak untuk penjelajah internet seperti penjelajah web,serta perangkat lunak untuk mengirim dan menerima surat elektronik (Email).
Opera adalah salah satu aplikasi browser yang banyak dipakai pengguna internet saat ini. Ada sekitar 1,41 % dari total pengguna internet di seluruh dunia. Hal ini karena kemudahan pengoperasiannya (user friendly) serta tersedia secara gratis. Saingan terberat opera saat ini adalah Mozilla Firefox. Serta software buatan Google yaitu Google chrome.
Selain dalam bentuk browser web, opera browser juga tersedia untuk pengguna handphone baik untuk versi java,symbian,pda,blackberry,maupun yang beroperasi di windows mobile. Versi terbaru dari opera mobile ini adalh opera 4.2.
Berbicara tentang opera mungkin tidak asing lagi di telinga masyarakat terutama bagi para pengguna internet baik mobile maupun web / pc. Opera 9.6 merupakan versi terbaru yang diluncurkan oleh opera software pada tanggal 8 Oktober 2008. Kini opera 9.6 banyak dipakai oleh para pengguna internet. Opera 9.6 dapat diunduh gratis melalui situs resminya di www.opera.com. 
Opera 9.6 mengantarkan pada kinerja lebih tinggi,beberapa fitur baru dan perbaikan dari versi sebelumnya yang membuat beberapa pihak berpendapat kalau oper masih layak bersaing sebagai vendor/penyedia browser web software. Versi mutakhir ini mengemas kemampuanlebih,memberikan fitur – fitur yang didukung oleh aplikasi pihak ketiga pada kebanyakan browser lain.
Masyarakat Indonesia kini dapat merasakan browser dektop opera versi bahasa Indonesia untuk pertama kalinya dengan hadirnya opera 9.6 yang telah mendukung browser dalam bahasa Indonesia. Berbagai fitur terbaru pun disematkan pada opera 9.6 serta fitur yang telah disempurnakan dari versi sebelumnya. 
Walaupun pertumbuhan pengguna opera baru 10 % dari keseluruhan pengakses internet,Indonesia menunjukkan pertumbuhan yang sangat besar dan potensial bagi opera. Penggunaan opera di Indonesia menyebar dengan sangat cepat,yakni dua kali lipat dari tahun ke tahun. “Indonesia merupakan pasar yang sangat penting bagi opera baik untuk desktop maupun ponsel. Kami berkomitmen untuk membuat masyarakat Indonesia lebih mudah dalam berselancar di dunia maya dan oleh karena itu kami menyesuaikan produk kami dengankebutuhan mereka”ujar Jon Von Tetzchner,CEO dari opera software dalam surat elektroniknya kepada detikNET.
Saat ini lanjut jon,Indonesia memiliki sekitar 25 juta pengguna internet yang menggunakan pc,dan ia mengharapkan angka ini akan terus meningkat seiring dengan perkembangan infrastrukturnya. Masyarakat Indonesia sebelumnya telah mencicipi kemampuan dari opera mini,browser web opera yang dapat digunakan pada hampir semua ponsel. Bahkan, Indonesia merupakan pengguna opera mini terbesar kedua di dunia,dengan pertumbuhan mencapai dua kali lipat di setiap tiga bulannya.
Berdasarkan dari ulasan di atas,hal itu yang membuat pihak opera software menjadikan opera 9.6 benar – benar user friendly dengan berbagai kemampuan dan keunggulan yang dimiliki.fitur baru pun disematkan agar membuat pemakai opera 9.6 semakin merasa nyaman dalam berkelana di dunia maya.
Selain dari opera web yang telah dijelaskan di atas,opera software juga mengeluarkan produk opera mini dan opera mobile. Opera mini adalah sebuah aplikasi browser yang ditujukan untuk pengguna handphone. Saat ini,pengguna opera mini di seluruh dunia telah mencapai 20 juta pengguna dan merupakan pengguna browser terbanyak di dunia. Mengapa banyak orang memilih memakai browser opera mini di hanphone mereka? Hal ini karena kecepatan browser yang cepat dan berbagai fitur yang mendukung.
Beberapa keunggulan dari opera mini adalah :
1. Opera mini memiliki sebuah fitur untuk mensinkronisasikan antara pengguna opera di handphone dengan pengguna opera di pc/komputer. Sehingga memudahkan dalam mentransfer file dari hp ke pc ataupun sebaliknya. Atau antara sesame pengguna hp yang memiliki opera mini.
2. Anda dapat menyimpan situs favorit anda melalui fitur speed dial yang dapat menyimpan 9 situs favorit anda. Sehingga hanya dengan sekali klik,anda sudah bisa membuka halaman situs.
3. Untuk versi terbaru opera mini yaitu oper mini 4.2,abda dapat mengubah skin/tampilan dari opera mini. Tersediapilihan warna merah,kuning,abu-abu,hitam,silver dan warna merah jambu atau pink.
4. Disbanding dari versi sebelumnya,opera mini 4.2 memiliki kecepatan browsing halaman hingga 50% lebih cepat dari opera mini 4.1 dan aplikasi browser handphone yang lainnya seperti UCWEB,NETFRONT,TEA SHARK,dan lain-lain. Hal ini dikarenakan,opera mini mengkompres file pada situs yang dikunjungi sehingga mempercepat proses loading halaman. Baik untuk tampilan komputer (WWW) maupun untuk browser hp (WAP).
5. Opera mini memungkinkan anda menyimpan halaman sebuah situs yang anda kunjungi dan mengupload file foto,video,ke dalam blog,Friendster,maupun di facebook yang anda miliki. Namun,handphone harus mendukung JSR-75 (seperti nokia 3110c,nokia 6300). Sedangkan hp yang bersistem symbian (seperti nokia 7610,nokia 3230) belum dapat menggunakan fitur ini. Dengan fitur ini anda juga dapat mengakses halaman yang telah anda simpan tadi secara offline,sehingga menghemat biaya.
6. Selain itu,anda juga dapat menyimpan bookmark halaman agar tetap dapat diakses di lain waktu.
7. Opera mini juga menyediakan fasilitas penambahan search engine (mesin pencari) alternatife yang belum disediakan oleh opera mini.
8. Opera mini menyediakan fitur-fitur yang memudahkan pengguna. Seperti menampilkan gambar dengan kualitas rendah,sedang,tinggi atau tidak menampilkan gambar agar proses loading halaman lebih cepat. Serta diberi pilihan untuk mengubah ukuran font menjadi kecil,sedang,besar,dan ekstra besar.
9. Anda juga dapat menampilkan halaman situs dalam bentuk komputer atau dalam bentuk tampilan ponsel. Juga dalam bentuk mode landscape,menampilkan jam,dan member pilihan koneksi ke internet dengan menggunakan socket atau http.
10. Anda juga dapat menghapus cache agar menghapus riwayat sambungan ke situs yang menampilkan data-data rahasia anda. Seperti data pribadi anda di facebook.
11. Opera mini juga akan menampilkan riwayat situs yang telah anda kunjungi. Jadi jika anda lupa situs yang terakhir anda kunjungi,maka anda dapat mencari di daftar riwayat.
12. Opera mini juga memiliki tombol gulir jalan pintas. 2 untuk naik,4 untuk ke kiri,6 untuk ke arah kanan,8 untuk ke arah bawah dan 5 untuk zoom. Serta terdapat piliha pintas dengan menekan tombol * atau tombol #.
Yang kedua adalah opera mobile. Opera mobile mempunyai fitur yang hampir sama dengan opera mini. Hanya saja,opera mobile diperuntukkan untuk ponsel yang memiliki sistem operasi yang lebih canggih(smart phone) daripada ponsel berflatform java. Seperti beroperasi symbian,pda phone,maupun ponsel dengan sistem operasi khusus seperti blackberry dan iphone.

SUMBER : http://razaqtechno.blogspot.co.id

Fasilitas-fasilitas Layanan Informasi di Internet

Fasilitas-fasilitas Layanan Informasi di Internet

Internet adalah jaringan internasional yang menyediakan beberapa macam layanan atau fasilitas untuk pengguna yang ada di seluruh dunia.Beberapa layanan akan dijelaskan berikut ini.


 1. World Wide Web (www)

www atau sering disebut web adalah fasilitas layanan paling populer di internet.web memberikan layanan mencari informasi dan data dengan mudah,dan disajikan dalam halaman web.kumpulan halaman web disebut website.Internet merupakan tempat terjadinya arus lalu lintas data.sedangkan www adalah browsernya yang memudahkan melakukan surfing (menjelajahi internet) dan menampilkan data yang diinginkan.


2. Browsing/Surfing

Browsing adalah layanan internet yang fungsinya untuk menampilkan situs/website untuk mencari informasi.Program yang digunakan untuk layanan ini misalnya Internet Explorer,Mozilla Firefox,Opera,Netscape Navigator.
Untuk melakukannya kita harus mengetik alamat website pada Address.Misalnya www.detik.com.







3. Electronic Mail (E-mail)

Email adalah layanan untuk pengiriman surat elektronik.untuk mengirim email kita harus mempunyai email atau mailbox. mailbox bisa kita buat lewat website yang menyediakan layanan tersebut. contoh yahoo.com.







4. Newsgroup

merupakan fasilitas layanan internet yang bisa digunakan berkomunikasi dan berdiskusi membahas suatu topik di sebuah forum antara pengguna satu dengan pengguna lain.Grup-grup bisa menjadi sarana pertemuan jarak jauh secara elektronik.contohnya tentang serial tv alt.tv.x-file.






5. Internet Fax

layanan ini bisa digunakan untuk mengirim fax yang dilakukan melalui mesin faksimili.aplikasi ini mudah digunakan dan biaya pengiriman dihitung sebagai biaya lokal.layanan ini bisa mengirimkan faksimili dalam jumlah sangat banyak.









6. File Transfer Protocol (FTP)

layanan ini paling banyak digunakan untuk lalu lintas file.pengguna dapat mengirim file yang berisi tulisan, gambar, animasi, musik, atau game kepada rekannya. dan memungkinkan pengguna untuk menyalin file secara elektronik dari satu komputer ke komputer lain dalam internet.




7. Internet Telephony

fasilitas ini memungkinkan pengguna berbicara melalui internet layaknya pesawat telepon.terminal yang digunakan berupa komputer yang dilengkapi alat penerima dan mikrofon.alamat yang menyediakan informasi lanjut tentang layanan ini adalah www.buddytalk.com

8. Telnet

layanan internet ini dapat digunakan untuk berbincang dengan kompleks ,yaitu dari suara hingga gambar,kita seolah-olah berhadapan langsung dengan lawan bicara.fasilitas ini adalah pengembangan chatting.ada komputer yang digunakan untuk teleconference ini harus dilengkapi web camera (webcam),sound card,tv tunner,dan VoIP.

9. Mailing List



atau milis adalah layanan internet sebagai pengembangan email yang berfungsi untuk berdiskusi.kita dapat menyampaikan pengumuman seperti artikel menarik,lomba pidato.setiap email yang dikirim akan sampai pada seluruh anggota sehingga dapat informasi.untuk mendapatan layanan ini anda dapat memanfaatkan www.yahoogroups.com.






10. Internet Relay Chat (chatting)

fasilitas ini digunakan untuk melakukan perbincangan melalui internet menggunakan teks.saat ini, para pengguna yang telah melengkapi perangkat komputer dengan webcam,pengguna dapat melakukan chatting dengan melihat wajah rekan yang diajak berbicara. 











Sumber : http://rizkikaym1204.blogspot.co.id/2016/01/fasilitas-fasilitas-layanan-informasi.html

Mengenal dan menggunakan E-mail

Mengenal dan Menggunakan e-mail 

 

 

A. Pengertian E-mail

E-mail adalah surat melalui media elektronik.Sebenarnya email merupakan singkatan dari “Electronic Mail”. Melalui email kita dapat mengirim surat elektronik baik berupa teks maupun gabungan dengan gambar, yang dikirimkan dari satu alamat email ke alamat lain di jaringan internet. Apabila kita mengirim surat melalui email kita dapat memperoleh beberapa manfaat .Antara lain, dengan menggunakan email surat (informasi) yang kita kirim ke alamat email lain akan secara langsung diterima, selain itu biaya yang kita keluarkan cukup murah. Kita juga bisa membaca berbagai berita dan pengetahuan tapi asalkan kalian harus mampu menguasai Bahasa Inggris. Oleh karena itu, berita itu yang selalu ditampilkan dengan menggunakan Bahasa Inggris.  Sebuah alamat email biasanya memiliki format semacam username@host.domain.


B.Alamat dan Jenis-jenis E-mail

1. Alamat E-mail
  Alamat surat di internet (e-mail) memiliki tiga bagian, yaitu:

a. Alamat e-mail dipisahkan oleh tanda @ (tanda @ biasa dibaca et)

b. bagian sebelum tanda @ adalah kotak surat (ID) atau username (nama pengguna). Nama pengguna ini adalah nama pribadi kita.
c. Bagian sesudah tanda @ adalah nama domain penyedia jasa internet (ISP) atau nama web penyedia fasilitas e-mail tersebut, seperti yahoo.com; hotmail.com; dan cbn.net.id

      Contoh alamat email (e-mail address) adalah abdi_nst@yahoo.com; editorial@yudhistira-gi.co.id; kondannojp@rocketmail.com; dan kompas@kompas.com

2.Jenis-jenis E-mail
 
a. Pop e-mail :
“POP (Post Office Protocol) adalah protokol untuk mengelola email. Sekarang POP yang di kenal adalah versi 3 makanya disebut sebagai POP3. Perumpamaan yang paling mudah untuk menjelaskan POP adalah sebagai berikut.”

"Seseorang mengirim surat menuju ke kantor pos. Kemudian kantor pos mengirim surat tersebut ke alamat orang yang berhak menerima surat tersebut.
Sedangkan dalam POP bisa dikatakan sebagai berikut: 

Seseorang mengirim email ke sebuah alamat email pada suatu server (misalnya saya@yahoo.com dimana saya adalah penerima dan yahoo.com adalah servernya) kemudian email tersebut di unduh ke komputer saya. Jadi email tersebut sekarang tersimpan di komputer saya.”

“Bedanya POP dengan web email adalah di web email ketika saya ingin membaca email yang lama, saya harus membuka di server yahoo melalui web broser (Internet Explorer, Firefox, Chrome dll) itu artinya saya harus terkoneksi ke Internet ketika ingin membaca email lama yang mungkin diperlukan. Sedangkan dengan POP saya hanya akan membuka software email client (Outlook, Mozilla Thunderbird,dll) ketika ingin membaca email lama yang sudah pernah di download. Perumpamaan di surat biasa adalah saya harus kembali ke kantor pos untuk membaca surat – surat lama. Sedangkan dengan POP surat tersebut sudah ada di rumah.

 


POP adalah protokol untuk menerima email, sedang untuk mengirim email kita membutuhkan server SMTP (Simple Mail Transfer Protocol)”

“Ada dua jenis mode pada POP3 yaitu mode offline dan mode inline. Pada mode offline, POP3 mengambil dan kemudian menghapus mail yang tersimpan dari server. POP3 bekerja dengan baik pada mode ini, karena terutama memang didisain untuk berlaku sebagai sebuah sistem mail yang memiliki sifat “store-and-forward”. Server, pada mode offline, berlaku seperti sebuah tempat penampungan yang menyimpan mail sampai user memintanya.”

Pada mode inline, POP3 akan mengambil mail dari server tanpa menghapus mail yang sudah diambil tersebut. Mode ini lebih disukai oleh user yang sering berpindah tempat (nomadic user) karena memungkinkan mereka untuk melihat mail yang sama dari tempat atau komputer yang berbeda. Akan tetapi untuk nomadic user yang selalu bekerja dan bepergian dengan selalu membawa notebook, dan tetap menginginkan agar mail miliknya yang ada di server tidak dihapus, tentu saja menginginkan agar setiap kali mengambil mail tidak semua mail yang akan terambil, tapi hanya mail yang belum pernah dia lihat saja yang akan diambil. Keinginan user seperti ini dapat dipenuhi dengan menggunakan informasi pada client yang memungkinkan untuk memberi tanda mail yang sudah pernah dilihat.
Dengan demikian untuk seseorang yang sering bekerja dengan email akan lebih baik jika menggunakan POP email daripada web email. Karena ada beberapa keuntungan menurut saya antara lain :”
1. Hemat waktu. Ketika menggunakan web email kita akan melakukan langkah – lahkah berikut ini. Menjalankan browser–> membuka halaman web email (misalnya di http://id.yahoo.com/mail) –>memasukkan username & passwords –> memilih email yang ada di inbox –>membaca email. Sedangkan di POP yang dilakukan hanya menjalankan email client dan menunggu email selesai di download–>membaca email. 
2. Pengarsipan lebih mudah. Ketika kita ingin membuka email yang lama dengan web email kita perlu melakukan langkah yang sama dengan langkah diatas. Belum lagi kalau email yang sudah sangat lama di halaman inbox berikutnya kita perlu menunggu loading halaman web. Sedang dengan POP kita tinggal menjalankan email client dan tanpa harus terkoneksi ke internet karena email sudah di simpan di komputer kita.”
sumber : ( http://www.awebs.net/apa-itu-pop3-email/ )


b. E-mail Forwarding : 
 
Email forwarding adalah fasilitas untuk mengalihkan semua email dari satu alamat ke alamat yang lain.

Contoh penggunaan:

Anda memiliki satu email utama utama@domain .com lalu anda ingin memiliki email support@domain.com. Agar anda tidak harus login ke 2 account untuk memeriksa email anda, anda dapat mengalihkan email support@domain.com ke alamat email utama anda yaitu utama@domain.com.
 
Caranya:
1. Login di cpanel server anda

2. Klik tombol / link mail

3. Klik link forwarders
4. Klik link add forwarder
5. Masukkan alamat email yang akan dialihkan ke dalam kotak sebelah kiri (contoh: support)
6. Pilih nama domain di kotak tengah
7. Masukkan alamat email tujuan ke dalam kotak sebelah kanan (contoh: utama@domain.com)
8. Klik tombol add forwarder

Setelah melakukan step di atas, setiap email yang ditujukan ke support@domain.com akan anda terima di email utama anda utama@domain.com
sumber : ( http://satutiga.com/support/?p=6 


c. E-mail Berbasis Web

PENGERTIAN EMAIL BERBASIS WEB Web-based Email, atau email berbasis web dikembangkan dengantujuan untuk memberikan jasa email kepada orang yang memiliki aksesinternet, tetapi tidak memiliki account email sendiri. E-mailberbasis web menggunakan Web Based Email seperti Yahoo sehinggapemakai dapat membaca email yang diterimanya dan melakukan interaksidengan email tersebut (membaca, menulis, membalas, menghapus, dll)secara user friendly. Dikembangkan dengan tujuan untuk memberikanjasa email kepada orang yang memiliki akses internet, tetapi tidakmemiliki account email sendiri, atau yang dimiliki bukan akses keemail server, tapi ke sebuah web server. Jadi, orang yang akanmengirimkan email pertama-tama harus mengikuti prosedur untukmembuat sebuah account email yang pada umumnya disediakan secaragratis.

  • Kelebihan :Kelebihan email berbasis we ini adalah user dapat membuka buka disembarang tempat atau bisa mengecek email Anda dari mana saja danbrowser apa saja.
  • Kekurangan :Karena menggunakan email server bukan komputer sendiri maka mediapenyimpanannya terbatas. Dan Kekurangan utama dari email berbasisweb adalah, untuk mengecek email Anda harus selalu terhubung keinternet. Bagi yang hanya menerima beberapa atau belasan email tentunggak begitu terasa. Tapi bagi Anda yang menerima puluhan email ataubahkan ratusan email tentu akan terasa kekurangannya terutama dalamhal biaya (menambah biaya, karena harus selalu connect ke internet). 

 
C. Penggunaan atau Pemakaian E-mail

1. Membuat Alamat Email
Setiap orang dapat memiliki alamat e-mail secara pribadi. Alamat e-mail ini dapat diperoleh dengan dua cara, yaitu sebagai berikut
a. Melalui penyedia jasa internet atau Internet Service Provider (ISP), alamat e-mail dapat diperoleh setelah kita terdaftar pada salah satu ISP tersebut.
b. Melalui situs-situs atau web bebas yang menyediakan fasilitas e-mail di internet, seperti yahoo, hotmail, catcha, Iycos, eudoramail, bolehmail, dan sebagainya. biasanya web-web tersebut memberikan fasilitas e-mail secara gratis
Untuk membuat alamat e-mail ini kita kan menggunakan fasilitas yang terdapat di yahoo sebgai salah satu situs atau web yang umu digunakan para pengguna internet. Langkah-langkah yang perlu dilakukan adalah sebagai berikut :
1. Bukalah browser yg tersedia di komputer anda, kemudian ketiklah URL yahoo :http://www.yahoo.com pada kotak address bar hingga jendela yahoo klik go atau enter
2. Klik icon Mail hingga muncul tampikan yahoo mail
3. Pada yahoo mail tersebut terdapat dua pilihan untuk masuk ke halaman e-mail yahoo, yaitu Sign In dan Sign Up Now. Tombol Sing In untuk mereka yang sudah memiliki alamat e-mail yahoo atau terdaftar di yahoo mail, sedangkan tombol Sign Up Now untuk mereka yang sama sekali belum terdaftar di yahoo mail dan ingin mendaftar. Bagi yang sudah terdaftar, mereka tinggal mengetik Yahoo ID dan Passwordnya, kemudian mengklik tombol Sing In untuk masuk atau membuka e-mail mereka. Jadi, ID dan Password ini harus selalu diingat. Jika kamu belum terdaftar dan ingin mendaftar, klik tombol Sing Up Now hingga tampil pilihan model keanggotaaan
4. Model keanggotaan di yahoo mail ada tiga jenis, yaitu free yahoo mail; yahoo mail plus; dan yahoo personal address. Untuk yahoo mail plus dan personal address kita diharuskan membayar iuran keanggotaan setiap tahunnya, sedangkan free yahoo mail disediakan gratis untuk kita. Pilihlah salah satunya, misalnya free yahoo mail dengan mengkkil tombol Sign Up for Yahoo! Mail
5. jika proses pengisian formulir di atas selesai, kliklah tombol I Agree. Apabila proses pengisian formulirmu benar dan berhasil maka akan muncul tampilan yang menyatakan bahwa kamu berhasil melengkapi pendaftaran di yahoo mail. Dalam tampilan itu akan tertera Yahoo ID, alamat yahoo mail, dan alamat e-mail alternatif kamu. Untuk alamat e-mail alternatif ini, kamu bisa meminjam alamat email yang sudah ada. Misalnya, alamat e-mail kakakmu atau orang yang kamu kenal dekat. Tapi ingat, alamat e-mail alternatif itu adalah e-mail selain di yahoo.
6. Namun, jika kau gagal melengkapi formulir pendaftaran tadi, maka yahoo mail akan menampilkan pesan
7. Klik tombol Continue to Yahoo! Mail jika kamu telah berhasil melengkapi formulir pendaftaran di yahoo mail. Dengan demikian kamu telah resmi terdaftar di yahoo. Yahoo akan menyediakan kotak surat untukmu. Melalui fasilitas ini, kamu dapat menerima dan mengirim surat, berdiskusi, mengirim gambar, maupun menerima surat, gambar, dan sebagainya dari teman-temanmu di seluruh dunia. Perlu kamu ketahui juga bahwa pada prinsipnya, pembuatan e-mail untuk masing-masing web hamper sama. Kamu juga bisa mencoba membuat e-mail di Hotmail, Catcha, Lycos, dan sebagainya.


2. Cara Mengoperasikan E-mail

Pada umumnya dalam pengoperasian e-mail ada dua hal yang selalu kita lakukan, yaitu :
a. membuat e-mail dan mengirimkannya ; serta
b. membaca e-mail dan membalasnya (reply) maupun meneruskannya (forward)

a. Membuat dan mengirimkan E-mail
Untuk membuat dan mengirimkan suatu e-mail dapat kita lakukan melalui kotak surata dari alamat e-mail yang sudah kita miliki. Untuk itu kita harus membuka kotak surat tersebut melalui langkah berikut 
1) Bukalah browser Internet explorer, kemudian ketiklah URL yahoo :http://www.yahoo.com atau http://mail.yahoo.com pada kotak address bar hingga tampil jendela yahoo mail. Masukkan Yahoo ID dan Password lalu klik tombol Sign In.

2) Jika Yahoo Id dan Password yang kita isi benar maka kotak surat yahoo mail

3) Kilklah tombol Check Mail untuk memeriksa inbox yang berisi surat-surat yang kita terima, atau kita ingin membuat e-mail dan mengirimkannya ke taman, kita dapat mengklik tombol Compose hingga tampil jendela pembuatan dan pengiriman e-mail.
4) Ketiklah alamat e-mail yang kita tuju pada kotak isian To, kemudian isilah kotak Cc dan Bcc jika ingin mengirimkan surat ke alamat e-mail lain. Namun untuk kotak isian Cc dan Bcc tidak perlu kita isi jika hanya satu tujuan alamat saja yang ingin kita tuju. Lalu, isilah kotak Subject untuk memberi judul topic surat kita. Selesai itu semua, kita dapat juga menyisipkan file, gambar, dan sebagainya dengan cara mengklik tombol Attach Files
5) Ketiklah isi surat atau pesan pada kotak yang tersedia. Bila telah selesai kliklah tombol Send untuk mengirimkan pesan tersebut.

b. Membaca dan Membalas (Reply) E-mail

Untuk membaca dan menjawab hingga meneruskan (forward) e-mail ke berbagai teman-teman kita, prosedurnya juga hampir sama seperti membuat dan mengirimkan e-mail. Membaca, menjawab, dan meneruskan e-mail tersebut dapat dilakukan melalui kotak surat dari alamat e-mail kita. Prosedurnya adalah sebagai berikut :
1. Bukalah browser Internet Explorer, kemudian ketiklah URL yahoo: http://www.yahoo.com pada kotak address bar hingga tampil jendela yahoo mail. Masukkan Yahoo ID dan Password lalu klik tombol Sign In
2. Jika Yahoo ID dan Password yang kita ketik benar maka halaman kotak surat akan membuka. Di situ kita bisa mengecek apakah kita menerima surat atau tidak. Jika menerima surat maka ada pesan “You have 1 unread message: Inbox (1)”
3. Untuk membaca e-mail tersebut, kita dapat langsung mengklik Inbox(1) atau mengklik tombol Check Mail hingga tampilan jendela inbox terbuka
4. Untuk membaca e-mail yang kita terima tersebut, kita dapat langsung mengklik judul dari Subject berita yaotu Re : Apa kabar?, hingga halaman isi surat terbuka.
5. Bacalah isi e-mail tersebut dengan saksama dan balas atau jawablah bila perlu. Untuk membalas atau e-mail yang kita terima, kliklah tombol Reply hingga halaman pengiriman surat terbuka. Jika ingin meneruskan isi e-mail yang kita terima itu keteman yang lain kliklah tombol Forward, dan halaman pengiriman surat pun terbuka, kita tingal mengetik alamat e-mai yang ingin kita teruskan (forward) tadi.
6. Prosedur membalas e-mail yang kita terima sama dengan ketika kita mengirimkan surat atau e-mail. Namun kita tidak perlu mengetik alamat e-mail yang dituju karena secara otomatis sudah tertera disitu. Hal ini berlaku jika kita mengklik tombol Reply tadi. Namun jika kita membalasnya melalui tombol Compose yang terdapat di halaman inbox, ketiklah kembali alamat e-mail yang dituju pada kotak isian To, kemudian isilah kita Cc dan Bcc jika kita sudah meneruskan (forward) atau mengirimkan surat itu ke alamat e-mail lain. Namun untuk kotak isian Cc dan Bcc tidak perlu kita isi jika hanya satu tujuan alamat saja. Lalu, isilah kotak Subject untuk memberi judul topik surta kita. Selesai itu semua kita dapat juga menyisipkan file, gambar, dan sebagainya dengan cara mengkkil tombol Attach Files.
7. Ketiklah isi surat atau pesan balasan pada kotak yang tersedia. Bila telah selesai kliklah tombol Send untuk mengirimkan pesan tersebut.




c. Menjawab E-mail Melalui Forward
Menjawab e-mail melalui Forward ini merupakan sarana untuk membalas e-mail ke orang lain tanpa mengubah isi dari pesan. Meskipun demikian kita bisa menambahkan kata-kata sebagai perantara. Membalas e-mail melalui Forward terdiri dari dua macam, yaitu sebagai pesan e-mail biasa (as Inline Text) dan sebagai lampiran/melalui penyisipan (As Attachment).

Sebagai pesan e-mail bisa (As Inline Text), membalasnya seperti pada waktu e-mail dengan perintah Reply, sedangkan sebagai lampiran (As Attachment), isi dari e-mail yang akan dikirim (diforward) diperlukan seakan-akan e-mail tersebut berupa file lampiran (melalui penyisipan)
Prosedur membalas e-mail sebagai pesan atau file biasa (As Inline Text) adalah sebagai berikut :
1) Klik pesan e-mail yang akan dibalas
2) Klik tanda panah di tombol Forward, pilih As Inline Text, hingga muncul jendela Forward. Di sinilah kita juga bisa menambahkan teks yang diinginkan.
3) Selanjutnya prosedurnya sama seperti kita menjawab e-mail melalui tombol atau perintah Reply
Jika sebagai lampiran (As Attachment) prosedurnya adalah sebagai berikut :
1) Klik pesan e-mail yang akan dibalas
2) Klik tanda panah di tombol Forward, dan pilih As Attachment, hingga muncul jendela Forward As Attachment. Bila diperhatikan tampilannya mirip seperti pembuatan e-mail baru. Namun baris Attach langsung terisi secara otomatis berupa file pesan e-mail terpilih tadi.
3) Selanjutnya prosedurnya sama seperti kita menjawab e-mail melalui tombol atau perintah Reply




d. Mengirimkan File Melalui Fasilitas Attachment di E-mail
Selain mengirimkan dan membalas surat kita juga dapat mengirimkan file-file lain seperti gambar, table, dari pengolah angka, program, dan sebagainya melalui fasilitas Attachment di e-mail. Prosedurnya adalah sebagai berikut :


1) Bukalah browser Internet Explorer, kemudian ketiklah URL yahoo: http://www.yahoo.com pada kotak address bar hingga tampil jendela yahoo mail. Masukkan Yahoo ID dan Password lalu klik tombol Sign In
2) Ikutilah prosedur dalam membalas dan mengirimkan e-mail. Selain itu semua, kita dapat menyisipkan file, gambar dan sebagainya dengan cara mengklik tombol Attach Files, hingga tampil halaman Atttach Files.
3) Kliklah tombol “Browsw” untuk memilih file yang akan kita sisip untuk dikirim. Untuk web Yahoo, kita dapat mengattach file sampai 10.0MB. kemudian klik kembali tombol Attach Files.
4) Jika proses Attach Files berhasil maka akan ada pemberitahuan dari Yahoo mail bahwa file sudah berhasil diattach
5) Kemudian kliklah tombol Continue to Message untuk kembali ke halaman pengiriman surat atau e-mail (Windows Compose). Jika file yang kita attach berhasil maka nama file tersebut akan muncul di atas tombol Attach Files. File yang sudah diattach ini juga bisa diganti atau dihilangkan dengan cara mengklik kata Remove disebelah kanan nama file tersebut.
6) Bila prosedur diatas telah selesai, kliklah tombol Send untuk mengirimkan pesan dan file tersebut.



sumber : http://kondannojp.blogspot.co.id/2013/